A.
Humas
yang Melembaga
Sebagai
bidang yang melembaga berarti memiliki seseorang yang memimpin, memiliki staf
dan mestinya memiliki ruang/tempat dan sarana-prasarana pendukungnya.
Pengorganasasian disini berbicara tentang struktur, wewenang, tugas dan
tanggung jawab. Humas yang melembaga lebih dikenal dengan istilah,
bagian/departermen/ divisi humas/PR/communication. Dalam bentuk ini
terdapat dua sistem, yaitu sistem sentralisasi dan desentralisasi.
·
Sistem
Sentralisasi yaitu biasanya diterapkan pada perusahaan yang tidak besar.
Di mana aktivitas PR diorganisasi secara terpusat atau oleh pusat, posisi atau
keduduukan praktisi PR biasanya berada di bawah bagian yang lain dan berada di
tingkat lower-middle management.
·
Sistem
Desentralisasi yaitu sistem ini biasanya diterapkan pada peruahaan yang
besar, dam manajemen mengerti betul akan pentingnya PR sebagai suatu pendekatan
manajemen.
Sistem
mana yang akan diterapkan tergantung dari beberapa hal, antara lain sebagai
berikut:
1. Besar Kecilnya Perusahaan
Hal ini akan berkaitan dengan
kemampuan perusahaan untuk menyediakan dana bagi humas, kompleksitas
permasalahan yang dihadapinya, kemampuan dalam menyediakan sumber daya
kehumasan yang lainnya.
2. Struktur Organisasi Perusahaan
Struktur organisasi berkaitan dengan
wewenang dan tanggung jawab, hubungan antar struktur, system yang membangun dan
budaya organisasi.
3. Arti Penting PR Bagi Manajemen
Hal ini berkaitan dengan kekhasan
penerapan humas di suatu lembaga, kewenangan petugas humas, peranannya dalam
manajemen dan bentuk support dari manajemen puncak.
4. Karakteristik Khas Kehumasan
Masing-Masing Lembaga
Hal ini sangat erat kaitannya dengan arti penting PR bagi
manajemen.
B.
Exstern
PR/Humas Agency
Exstern
PR adalah sebuah lembaga/perusahaan independen yang berbadan hukum dan bergerak
dalam layanan dibidang humas, PR ekstern meliputi:
1. PR Full Service, sebuah perusahaan
tersendiri yang bergerak dalam bisnis pelayanan kehumasan, meliputi kegiatan
konseling dan sekaligus pelayanan konsultasi dan pelayanan yang mereka berikan
kepada klien (perseoranga/perusahaan PR tersebut).
2. PR Consultant, yaitu perusahaan
PR yang bergerak dalam yayanan konsultasi kehumasan. Pelayanan kosultan yang
diberikan tergantung dari kompetensi yang dimiliki para konsultannya.
Beberapa
perusahaan Full Service dan Consultant memberi pelayanan di beberapa bidang
antara lain:
·
Pemulihan
citra
·
Pembentukan citra
·
Corporate culture
·
Media
relations dan publisitas
·
Government relations
·
Marketing PR
·
Komunikasi organisasi
·
Community relations
3. Even Organizer, adalah
perusahaan yang melayani jasa sebagai pelaksana sebuah event/kegiatan yang
berhubungan dengan publik. Perusahaan ini cenderung spesialis, misalnya:
Sistem kerja perusahaan PR ekstern
ini, selayaknya hubungan antara pengacara dengan klien (mereka yang memiliki
kasus hukum). Seperti perusahaan advertising dangan klien (advertising).
No comments:
Post a Comment