Friday, May 18, 2018

Proposal Komunikasi Pemasaran

UJIAN AKHIR SEMESTER INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION
Dosen Pengampu : Suryani, S.Sos., M.Si



Disusun Oleh :
Nama : Santy Berlianty
Nim : 2018815

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
SEKOLAH TINGGI ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PAHLAWAN 12 SUNGAILIAT BANGKA
2017/2018

Judul Proposal
Proposal Rancangan Perencanaan Program Komunikasi Pemasaran PT Centra Proteina Prima Tbk Dalam Menarik Pelanggan Untuk Membeli Produk Persahaan
1.      RINGKASAN EKSEKUTIF
Dalam kegiatan bisnis yang bertumpu pada kegiatan pemasaran, terkadang suatu perusahaan terhalang untuk bisa memasuki suatu pasar atau terjadi penolakan terhadap produk di pasaran. Hal tersebut mungkin terjadi karena pasar tidak membutuhkannya lagi, baik karena mutu, harga, distribusi maupun promosi yang tidak tepat, seringpula terjadi suatu produk yang sudah diterima baik di pasar bisa jatuh angka penjualannya, bukan karena kehadiran saingan tetapi karena mutunya mendadak merosot.
Hal ini dapat mengakibatkan Produk tersebut kehilangan citranya. Maka perusahaan atau organisasi harus memiliki berbagai cara untuk memasarkan barang atau jasanya kepada calon konsumen. Diperlukan sebuah inovasi dan kreatifitas dalam menentukan sebuah media promosi penjualan, sehingga calon konsumen memiliki daya tarik tersendiri memutuskan untuk membeli sebuah produk perusahaan.
Maka dari itu perusahaan harus tepat dalam menentukan media promosi yang digunakan dalam pemasaran produk dengan berbagai macam permasalahan tersebut yang dihadapi. Seperti halnya yang terjadi dengan PT Central Proteina Prima Tbk yang memproduksi ikan kaleng mackarel dengan merek Fiesta, yang ditemukan cacing didalamnya, hal ini membuat PT Central Proteina Prima Tbk mengalami kerugian dan medapatkan citra buruk dari konsumen.

2.      SITUASI
a.      Masalah Yang Dihadapi
PT Central Proteina Prima Tbk mengalami penurunan dalam penjualan ikan makarel dengan merek Fiesta dikarenakan ditemukan cacing didalam kemasan sehingga mendapatkan citra buruk dari konsumen.
b.      Kapasitas Organisasi
PT Central Proteina Prima Tbk merupakan perusahaan akuakultur terkemuka di Indonesia yang bergerak di bidang pakan budidaya perikanan dan makanan olahan. Perusahaan didirikan berdasarkan Akta Nomor 59 tanggal 30 April 1980 di hadapan notaris.
Kantor Pusat   : Indonesia
Jenis                : Publik
Didirikan         : 1980
Karyawan        : 3.723
c.       Usaha Komunikasi Sebelumnya
Melakukan penarikan produk ikan mackarel dengan merk Fiesta yang ditemukan cacing didalam kemasan, dengan menarik semua barang yang tersebar dipasaran. Apabila hanya hal ini dilakukan tidak akan menyelesaikan masalah, karena perusahaan akan mengalami kerugian dan hilangnya kepercayaan dari konsumen. Maka dari itu perlu dilakukan tindaklanjut dari marketing communications perusahaan PT Central Proteina Prima Tbk agar dapat membangun kembali kepercayaan konsumen terhadap produk ikan mackarel dengan merk Fiesta.

d.      Kajian Khalayak
1.      Khalayak sasaran primer
Target audience primer merupakan target utama strategi promosi nantinya, dan terbagi menjadi demografis, geografis, dan behavioristis.
a.       Demografis
Secara demografis target audience meliputi jenis kelamin yaitu perempuan, dengan batasan umur mulai dari 16 tahun dengan sampai dengan 50 tahun dengan tidak memandang kelas sosial masyarakat, yang mencakup semua suku, ras dan agama.
b.      Geografis
Secara geografis target audience adalah yang bertempat tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Palembang, karena lebih mudah untuk dijangkau dalam proses pemasaran.
c.       Behavioristis
Target audience behavioristis adalah semua orang yang memiliki minat untuk mengkonsumsi ikan kaleng mackarel.
2.      Khalayak sasaran sekunder
Target Audience Skunder adalah khalayak yang mempunyai kepentingan dengan perusahaan, pemilik saham, karyawan, konsumen dan pemerintah setempat.
e.       Kajian Competitor
PT Central Proteina Prima Tbk sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi ikan kaleng mackarel dengan merek Fiesta yang mempunyai permasalahan yang sangat besar, dikarenakan dengan adanya perusahaan lain yang sama-sama memproduksi ikan mackarel akan tetapi tidak mengalami permasalahan yang sama, hal ini menjadi permasalahan terbesar didalam perusahaan, dikarenakan untuk meyakinkan konsumen kembali dibutuhkan waktu cukup lama, sehingga PT Central Proteina Prima Tbk perlu melakukan stategi pemasaran yang tepat untuk menarik kembali dan meyakinkan konsumen dengan produk yang bermerek Fiesta.
f.       Analisis SWOT
Strength (Kekuatan)
Weakness (Kelemahan)
·         Mempunyai kekuatan dengan merek
·         Salah satu perusahaan yang terkemuka
·         Terdeteksi mengandung cacing
Opportunities (Peluang)
Threats (Ancaman)
·         Membuat inovasi terbaru
·         Menarik konsumen baru
·         Perusahaan lain lebih maju
·         Perusahaan lain tidak mengalami masalah

3.      TUJUAN
a.    Tujuan Pemasaran
Mendatangkan konsumen, yang mencakup target sasaran primer yang terdiri dari demografis, geografis, dan behavioristis dan target sasaran sekunder yaitu orang-orang yang mempunyai kepentingan dengan perusahaan, seperti pemilik saham, konsumen, dan pemerintah setempat.
b.   Tujuan Komunikasi
Tujuan komunikasi ialah untuk menciptakan perubahan pengetahuan, perubahan sikap dan perubahan perilaku :
·         Perubahan pengetahuan, dalam tahap ini perusahaan memberikan pengetahuan kepada konsumen tentang keberadaan produk, bentuk produk dan kegunaan produk.
·         Perubahan sikap, tentunya yang akan mengarah pada keinginan untuk mencaoba produk, dan
·         Perubahan perilaku, dimaksudkan agar konsumen tidak akan beralih lagi ke produk yang lain dan terbiasa untuk mengkonsumsi produk dari perusahaan tersebut.
4.      STRATEGI
a.      Push
Strategi “dorongan” diperlukan untuk menggunakan kekuatan penjualan dan promosi perdagangan untuk mendorong produk melalui saluran-saluran. Produsen secara agresif mendorong produk kepada agen, agen secara agresif mendorong produk kepada pengecer, dan pengecer secara agresif mendorong produk kepada konsumen.
b.      Pull
Strategi “menarik” memerlukan banyak pengeluaran karena untuk menarik para konsumen perlu melakukan berbagai cara media promosi yang digunakan, diantaranya iklan, sales promotion, internet merketing, marketing public relations, merchadise dan coorporate identity agar promo yang dilakukan sampai kepada konsumen sehingga permintaan konsumen menjadi lebih berkembang. Jika strategi ini efektif, para konsumen akan meminta produk kepada pengecer mereka, pengecer akan meminta produk kepada agen mereka, dan agen akan menanyakan produknya kepada produsen.
5.      TAKTIK
No.
Bauran Promosi
Tujuan
Sasaran
SDM
Waktu
1
Advertising
·         Membujuk
Khalayak Pimer & Sekunder
Marketing Perusahaan
15 Maret 2018
2
Personal Selling
·         menciptakan tindakan segera
·         berdasarkan pada daya tarik barang atau jasa
·         menambah nilai nyata produk pada profitabilitas perusahaan
·         memberi kontribusi yang besar pada profitabilitas perusahaan
Khalayak Primer & Sekunder
SPG
15 April 2018
3
Internet Marketing
·         Informatif
·         Edukatif
Khalayak Pimer & Sekunder
Marketing Perusahan
15 Mei 2018
4
Merchandise
Mengingatkan dengan Perusahaan
Khalayak Primer

15 Juni 2018
5
MPR
  • Menciptakan kesadaran
  • Meningkatkan pehaman
  • Mengatasi kesalahpahaman
  • Memberitahukan
  • Membangun pengetahuan
Khalayak Sekunder
Divisi Humas Perusahaan
15 Juli 2018
6
Corporate identity
·         Meciptakan hubungan baik dengan koonsumen
·         Meningkatkan citra
Khalayak Primer & Sekunder
Humas
15 Agustus 2018



6.      AKSI
Langkah ini untuk menjalankan rencana-rencana dan program untuk mencapai sasaran yang spesifik yang berhubungan dengan tujuan.
a.       Advertising
Iklan akan dipasang di media cetak, ekektroknik dan internet.
b.      Personal selling
Akan ditempatkan di pusat perbelanjaan besar yang berada dikota-kota besar
c.       Internet marketing
Promo yang dilakukan dalam bentuk penyebaran brosur, poster maupun press release dari perusahaan.
d.      Marchandise
Akan dibagikan bagi agen-agen yang menjual produk ikan mackarel dengan merek Fiesta dan bagi para konsumen yang membeli produk dengan jumlah tertentu. Dalam bentuk gantungan kunci, cangkir dan lain sebagainya.
e.       Marketing public relations
Akan dilaksanakan dengan bentuk kegiatan penyelenggaraan pameran, press conference, CSR dan sponsorship dikarenakan, ketika perusahaan mensponsori suatu acara, seperti pertandingan balap mobil, konser musik atau acara amal, itu membuat merk sangat ditonjolkan pada acara tersebut sehingga membuat kredibilitas Merk meningkat bersamaan dengan para penonton di acara tersebut.

f.       Corporate identity
Menonjolkan perusahaan, mulai  dari nama, logo, hingga dengan ciri khas dari perusahaan itu sendiri akan menjadi salah satu media dalam mempromosikan produk.
7.      KENDALI
Kegiatan yang dilakukan hanya sebatas untuk memulihkan kembali produk ikan kaleng mackarel dengan merk Fiesta dipasaran dengan mengangkat kembali citra produk dan citra perusahaan yang mendapatkan citra buruk dari para konsumen.
8.      SDM
Sumber daya manusia yang melakukan pekerjaan kurang lebih 250 orang dari devisi marketing perusahaan dan devisi humas sebagai bidang yang membantu dalam pelaksanaan, dari 250 orang akan dibagi dibeberapa kota besar yang ada di Indonesia.
9.      BUGET
No
Jenis Pengeluaran
Harga Satuan
Jumlah
Total
1
Advertising
·         Media Cetak
·         Elektronik
·         Interaktif
Rp. 5.000.000
5 Media
Rp. 25.000.000,-
2
Personal Selling
Rp. 1.500.000,-
25 orang
Rp. 37.500.000,-
3
Internet Marketing
·         Brosur
·         Poster

Rp. 3.000.-
Rp. 5.000,-

1000 lembar
1000 lembar

Rp. 3.000.000,-
Rp. 5.000.000.-
4
Marchandise
·         Mug  

Rp. 20.000,-

500 buah

Rp. 10.000.000,-
5
Marketing Public Relations
·         Pameran


Rp. 10.000.000

5 Stand

Rp. 50.000.000,-
6
Corporate Identity
Rp. 50.000.000
1 tempat
Rp. 50.000.000,-
JUMLAH
Rp. 180.500.000,-

10.  WAKTU
No.
Waktu
Maret
April
Mei
Juni
Juli
Agustus
1
Advertising
ü





2
Sales Promotion

ü




3
Internet Marketing


ü



4
Marchadise



ü


5
MPR




ü

6
Corporate Identity





ü

11.  LAMPIRAN
Marchandising
  

No comments:

Post a Comment

Organisasi Profesi Humas

A.     PERHUMAS Pada tanggal 15 Desember 1972 para praktisi humas di Indonesia mendirikan Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHU...