UJIAN AKHIR SEMESTER INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION
Dosen Pengampu : Suryani, S.Sos.,
M.Si
Disusun Oleh :
Nama : Santy Berlianty
Nim : 2018815
PROGRAM
STUDI ILMU KOMUNIKASI
SEKOLAH
TINGGI ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PAHLAWAN 12 SUNGAILIAT BANGKA
2017/2018
Judul Proposal
Proposal
Rancangan Perencanaan Program Komunikasi Pemasaran PT Centra Proteina Prima Tbk
Dalam Menarik Pelanggan Untuk Membeli Produk Persahaan
1. RINGKASAN EKSEKUTIF
Dalam
kegiatan bisnis yang bertumpu pada kegiatan pemasaran, terkadang suatu
perusahaan terhalang untuk bisa memasuki suatu pasar atau terjadi penolakan
terhadap produk di pasaran. Hal tersebut mungkin terjadi karena pasar tidak
membutuhkannya lagi, baik karena mutu, harga, distribusi maupun promosi yang
tidak tepat, seringpula terjadi suatu produk yang sudah diterima baik di pasar
bisa jatuh angka penjualannya, bukan karena kehadiran saingan tetapi karena
mutunya mendadak merosot.
Hal ini
dapat mengakibatkan Produk tersebut kehilangan citranya. Maka perusahaan
atau organisasi harus memiliki berbagai cara untuk memasarkan barang atau
jasanya kepada calon konsumen. Diperlukan sebuah inovasi dan kreatifitas dalam menentukan
sebuah media promosi penjualan, sehingga calon konsumen memiliki daya tarik
tersendiri memutuskan untuk membeli sebuah produk perusahaan.
Maka dari itu perusahaan harus tepat dalam menentukan
media promosi yang digunakan dalam pemasaran produk dengan berbagai macam
permasalahan tersebut yang dihadapi. Seperti halnya yang terjadi dengan PT
Central Proteina Prima Tbk yang memproduksi ikan kaleng mackarel dengan merek Fiesta,
yang ditemukan cacing didalamnya, hal ini membuat PT Central Proteina Prima Tbk
mengalami kerugian dan medapatkan citra buruk dari konsumen.
2. SITUASI
a. Masalah Yang Dihadapi
PT Central Proteina Prima Tbk mengalami penurunan
dalam penjualan ikan makarel dengan merek Fiesta dikarenakan ditemukan cacing
didalam kemasan sehingga mendapatkan citra buruk dari konsumen.
b. Kapasitas Organisasi
PT Central Proteina Prima Tbk merupakan perusahaan
akuakultur terkemuka di Indonesia yang bergerak di bidang pakan budidaya
perikanan dan makanan olahan. Perusahaan didirikan berdasarkan Akta Nomor 59
tanggal 30 April 1980 di hadapan notaris.
Kantor Pusat :
Indonesia
Jenis :
Publik
Didirikan :
1980
Karyawan
: 3.723
c. Usaha Komunikasi Sebelumnya
Melakukan
penarikan produk ikan mackarel dengan merk Fiesta yang ditemukan cacing didalam
kemasan, dengan menarik semua barang yang tersebar dipasaran. Apabila hanya hal
ini dilakukan tidak akan menyelesaikan masalah, karena perusahaan akan
mengalami kerugian dan hilangnya kepercayaan dari konsumen. Maka dari itu perlu
dilakukan tindaklanjut dari marketing
communications perusahaan PT Central Proteina Prima Tbk agar dapat
membangun kembali kepercayaan konsumen terhadap produk ikan mackarel dengan
merk Fiesta.
d. Kajian Khalayak
1.
Khalayak sasaran primer
Target audience primer merupakan target utama strategi
promosi nantinya, dan terbagi menjadi demografis, geografis, dan behavioristis.
a.
Demografis
Secara demografis target audience meliputi jenis
kelamin yaitu perempuan, dengan batasan umur mulai dari 16 tahun dengan sampai
dengan 50 tahun dengan tidak memandang kelas sosial masyarakat, yang mencakup
semua suku, ras dan agama.
b.
Geografis
Secara geografis target audience adalah yang bertempat
tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan
Palembang, karena lebih mudah untuk dijangkau dalam proses pemasaran.
c.
Behavioristis
Target audience behavioristis adalah semua orang yang
memiliki minat untuk mengkonsumsi ikan kaleng mackarel.
2. Khalayak
sasaran sekunder
Target
Audience Skunder adalah khalayak yang mempunyai kepentingan dengan perusahaan, pemilik
saham, karyawan, konsumen dan pemerintah setempat.
e. Kajian Competitor
PT
Central Proteina Prima Tbk sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi ikan
kaleng mackarel dengan merek Fiesta yang mempunyai permasalahan yang sangat
besar, dikarenakan dengan adanya perusahaan lain yang sama-sama memproduksi
ikan mackarel akan tetapi tidak mengalami permasalahan yang sama, hal ini
menjadi permasalahan terbesar didalam perusahaan, dikarenakan untuk meyakinkan
konsumen kembali dibutuhkan waktu cukup lama, sehingga PT Central Proteina
Prima Tbk perlu melakukan stategi pemasaran yang tepat untuk menarik kembali dan
meyakinkan konsumen dengan produk yang bermerek Fiesta.
f. Analisis SWOT
Strength (Kekuatan)
|
Weakness (Kelemahan)
|
·
Mempunyai kekuatan dengan merek
·
Salah satu perusahaan yang terkemuka
|
·
Terdeteksi mengandung cacing
|
Opportunities (Peluang)
|
Threats (Ancaman)
|
·
Membuat inovasi terbaru
·
Menarik konsumen baru
|
·
Perusahaan lain lebih maju
·
Perusahaan lain tidak mengalami masalah
|
3. TUJUAN
a. Tujuan
Pemasaran
Mendatangkan
konsumen, yang mencakup target sasaran primer yang terdiri dari demografis,
geografis, dan behavioristis dan target sasaran sekunder yaitu orang-orang yang
mempunyai kepentingan dengan perusahaan, seperti pemilik saham, konsumen, dan
pemerintah setempat.
b. Tujuan
Komunikasi
Tujuan komunikasi ialah untuk menciptakan perubahan
pengetahuan, perubahan sikap dan perubahan perilaku :
·
Perubahan pengetahuan, dalam tahap ini
perusahaan memberikan pengetahuan kepada konsumen tentang keberadaan produk,
bentuk produk dan kegunaan produk.
·
Perubahan sikap, tentunya yang akan mengarah
pada keinginan untuk mencaoba produk, dan
·
Perubahan perilaku, dimaksudkan agar konsumen
tidak akan beralih lagi ke produk yang lain dan terbiasa untuk mengkonsumsi
produk dari perusahaan tersebut.
4. STRATEGI
a. Push
Strategi “dorongan” diperlukan untuk menggunakan
kekuatan penjualan dan promosi perdagangan untuk mendorong produk melalui
saluran-saluran. Produsen secara agresif mendorong produk kepada agen, agen
secara agresif mendorong produk kepada pengecer, dan pengecer secara agresif
mendorong produk kepada konsumen.
b. Pull
Strategi
“menarik” memerlukan banyak pengeluaran karena untuk menarik para konsumen
perlu melakukan berbagai cara media promosi yang digunakan, diantaranya iklan, sales promotion, internet merketing,
marketing public relations, merchadise dan coorporate identity agar promo yang dilakukan sampai kepada konsumen
sehingga permintaan konsumen menjadi lebih berkembang. Jika strategi ini
efektif, para konsumen akan meminta produk kepada pengecer mereka, pengecer
akan meminta produk kepada agen mereka, dan agen akan menanyakan produknya
kepada produsen.
5. TAKTIK
No.
|
Bauran
Promosi
|
Tujuan
|
Sasaran
|
SDM
|
Waktu
|
1
|
Advertising
|
·
Membujuk
|
Khalayak Pimer & Sekunder
|
Marketing Perusahaan
|
15 Maret 2018
|
2
|
Personal Selling
|
·
menciptakan tindakan segera
·
berdasarkan pada daya tarik
barang atau jasa
·
menambah nilai nyata produk pada
profitabilitas perusahaan
·
memberi kontribusi yang besar
pada profitabilitas perusahaan
|
Khalayak Primer & Sekunder
|
SPG
|
15 April 2018
|
3
|
Internet Marketing
|
·
Informatif
·
Edukatif
|
Khalayak Pimer & Sekunder
|
Marketing Perusahan
|
15 Mei 2018
|
4
|
Merchandise
|
Mengingatkan dengan Perusahaan
|
Khalayak Primer
|
15 Juni 2018
|
|
5
|
MPR
|
|
Khalayak Sekunder
|
Divisi Humas Perusahaan
|
15 Juli 2018
|
6
|
Corporate identity
|
·
Meciptakan hubungan baik dengan koonsumen
·
Meningkatkan citra
|
Khalayak Primer & Sekunder
|
Humas
|
15 Agustus 2018
|
6. AKSI
Langkah ini untuk menjalankan rencana-rencana dan
program untuk mencapai sasaran yang spesifik yang berhubungan dengan tujuan.
a.
Advertising
Iklan akan
dipasang di media cetak, ekektroknik dan internet.
b.
Personal
selling
Akan
ditempatkan di pusat perbelanjaan besar yang berada dikota-kota besar
c.
Internet
marketing
Promo yang
dilakukan dalam bentuk penyebaran brosur, poster maupun press release dari perusahaan.
d.
Marchandise
Akan
dibagikan bagi agen-agen yang menjual produk ikan mackarel dengan merek Fiesta
dan bagi para konsumen yang membeli produk dengan jumlah tertentu. Dalam bentuk
gantungan kunci, cangkir dan lain sebagainya.
e.
Marketing
public relations
Akan
dilaksanakan dengan bentuk kegiatan penyelenggaraan pameran, press conference,
CSR dan sponsorship dikarenakan, ketika perusahaan
mensponsori suatu acara, seperti pertandingan balap mobil, konser musik atau
acara amal, itu membuat merk sangat ditonjolkan pada acara tersebut sehingga
membuat kredibilitas Merk meningkat bersamaan dengan para penonton di acara
tersebut.
f.
Corporate
identity
Menonjolkan
perusahaan, mulai dari nama, logo,
hingga dengan ciri khas dari perusahaan itu sendiri akan menjadi salah satu
media dalam mempromosikan produk.
7. KENDALI
Kegiatan
yang dilakukan hanya sebatas untuk memulihkan kembali produk ikan kaleng
mackarel dengan merk Fiesta dipasaran dengan mengangkat kembali citra produk
dan citra perusahaan yang mendapatkan citra buruk dari para konsumen.
8. SDM
Sumber
daya manusia yang melakukan pekerjaan kurang lebih 250 orang dari devisi
marketing perusahaan dan devisi humas sebagai bidang yang membantu dalam
pelaksanaan, dari 250 orang akan dibagi dibeberapa kota besar yang ada di
Indonesia.
9. BUGET
No
|
Jenis
Pengeluaran
|
Harga
Satuan
|
Jumlah
|
Total
|
1
|
Advertising
·
Media Cetak
·
Elektronik
·
Interaktif
|
Rp. 5.000.000
|
5 Media
|
Rp. 25.000.000,-
|
2
|
Personal Selling
|
Rp. 1.500.000,-
|
25 orang
|
Rp. 37.500.000,-
|
3
|
Internet Marketing
·
Brosur
·
Poster
|
Rp. 3.000.-
Rp. 5.000,-
|
1000 lembar
1000 lembar
|
Rp. 3.000.000,-
Rp. 5.000.000.-
|
4
|
Marchandise
·
Mug
|
Rp. 20.000,-
|
500 buah
|
Rp. 10.000.000,-
|
5
|
Marketing Public Relations
·
Pameran
|
Rp. 10.000.000
|
5 Stand
|
Rp. 50.000.000,-
|
6
|
Corporate Identity
|
Rp. 50.000.000
|
1 tempat
|
Rp. 50.000.000,-
|
JUMLAH
|
Rp.
180.500.000,-
|
10. WAKTU
No.
|
Waktu
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Juli
|
Agustus
|
1
|
Advertising
|
ü
|
|||||
2
|
Sales Promotion
|
ü
|
|||||
3
|
Internet Marketing
|
ü
|
|||||
4
|
Marchadise
|
ü
|
|||||
5
|
MPR
|
ü
|
|||||
6
|
Corporate Identity
|
ü
|
11. LAMPIRAN
Marchandising
No comments:
Post a Comment