Memang
tidak mudah menggambarkan profil petugas humas, namun dari beberapa buku
disebutkan enam kriteria yang merangkum kualitas seseorang praktisi humas yang
baik, meliputi hal-hal berikut ini.
1. Mampu menghadapi semua orang yang
memiliki aneka ragam karakter dengan baik.
2. Mampu berkomunikasi dengan baik,
menjelaskan segala sesuatu dengan jelas da lugas, baik lisan maupun
tertulis,atau bahkan secara visual.
3. Mampu mengorganisir segala sesuatu,
termasuk dalam perencanaan prima.
4. Memiliki integritas personal,baik
dalam profesi maupun kehidupan pribadi.
5. Mempunyai imajinasi.
6. Serba tahu, dalam hal ini adalah
akses informasi yang seluas-luasnya.
Dari
uraian diatas, dapat disimpulkan kriteria ideal adalah kemampuan dalam hal
manajemen, keterampilan, dan kepribadian. Gambaran umum tentang profil petugas
humas dan kualifikasi yang dimilikinya sebagai berikut. Petugas humas haruslah
orang cukup terampil, khususnya di bidang penulisan, mendengarkan, berbicara,
membaca dan menggunakan alat-alat komunikasi lainnya.
PR
harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang berbagai macam media dan
memahami proses manajeman. PR harus memiliki kemampuan dalam memecahkan suatu
masalah, dala mengambil keputusan, mengelola opini public, mengefaluasi
kecenderungan perilaku dan respo public. PR juga harus memiliki selera dan
perilaku yang baik tentang etika, simpati, dan empati, kepemimpinan, semangat,
kreativitas dan imajiasi, kematangan/stabilitas kepribadian serta integritas
pribadi.
No comments:
Post a Comment