CONTOH
PENELITIAN YANG MENGGUNAKAN TEORI USES
DAN GRATIFICATIONS
Teori uses and gratifications mengatakan bahwa individu lebih aktif dalam
mencari apa yang diinginkan dalam media sehingga tercapai kepuasan yang
diinginkan tersebut contoh kasus yang pernah gencar diperbincangkan di media,
seperti grasi yang diberikan presiden terhadap terpidana kasus narkotika warga
negara asing yang bernama Schapelle corby. Media massa di negara ini tengah
gencar-gencarnya memperbincangkannya, dan bahkan di salah satu stasiun televisi
dinegeri ini mengundang berbagai tokoh dan pakar hukum untuk membahasnya. Dalam
kasus ini, presiden seakan tersudut dengan keputusannyamemberikan grasi
tersebut.terpaan media yang dipertontonkan ke publik baru-baru ini mengenai
keputusan grasi tersebut. Terlepas dri kasus tersebut, tentunya individu
sebagai penerima pesan dari media massa akan mencari informasi tentang kasus
tersebut. Sehingga individu tersebut bisa memutuskan sendiri mana yang benar
dan mana yang salah.
Selain itu contoh yang lain yaitu acara
musik, kita ambil kebutuhan dan kepuasan penonton salah satunya dengan menonton
acara musik Dahsyat yang sebagian
besar disukai oleh kaum wanita khususnya ibu-ibu rumah tangga. Para kaum wanita
khususnya remaja lebih ingin
menonton atau mencari kepuasan dengan musik terupdate melewati tayangan acara
musik DAHSYAT di RCTI ketimbang melalui acara lain yang lebih dominan mengikuti
acara DAHSYAT tersebut, selain itu para pembawa acara DAHSYAT humoris yang
membuat pikiran kembali segar setelah melihat acara tesebut.
Dari contoh tersebut bisa kita lihat kebutuhan masyarakat dalam mengkonsumsi
media menurut teori usus and gratification.
Kritik akan teori ini
Derajat tertentu laporan penggunaan
media oleh para pemirsanya memiliki keterbatasan-keterbatasan. Banyak orang
tidak benar-benar tahu alasan mengapa mereka memilih media atau saluran
tertentu, contohnya anak-anak hanya tahu bahwa mereka menghindari menonton
saluran yang menayangkan bincang-bincang orang dewasa, atau film berbahasa
asing karena mereka tidak mengerti, tetapi anak-anak tersebut tidak benar-benar
sadar mereka berakhir di saluran mana.Teori ini menekankan pemilihan media oleh
para pemirsanya, namun ada penelitian-penelitian lain yang mengungkapkan bahwa
penggunaan media sebenarnya terkait dengan kebiasaan, ritual, dan tidak
benar-benar diseleksi . Teori ini mengesampingkan kemungkinan bahwa media bisa
jadi memiliki pengaruh yang tidak disadari pada kehidupan pemirsanya dan
mendikte bagaimana seharusnya dunia dilihat dari kacamata para perancang
kandungan isi dalam media.
Sebagai contoh saat anak-anak pulang
sekolah, sudah menjadi kebiasaannya untuk mengambil makan siang dan duduk
dikursi sembari menyetel TV. Tidak ada alasan yang benar-benar nyata mengapa ia
menyetel TV dan bukannya membaca majalah atau koran, hanya kebiasaan, atau
justru sebaliknya, bagi orang dewasa mungkin ia langsung membaca koran dan
bukannya menyetel TV saat meminum kopinya dipagi hari. Pada banyak hal kejadian
ini merupakan kejadian alamiah sehari-hari dan tidak dilakukan secara sadar.
Walaupun begitu menonton TV dapat juga menjadi pengalaman seni dan menggugah motivasi
seseorang untuk melakukan sesuatu.
Namun sebuah teori yang menyatakan bahwa
pemirsa media sebenarnya hanya menggunakan media untuk menyalurkan pemenuhan
akan kepuasannya sejujurnya tidak secara penuh dapat menilai kekuatan media dalam
lingkup sosial di masa kini. Teori Penggunaan dan Pemenuhan Kepuasan dapat
dikatakan tidak sempurna saat digunakan untuk menilai media yang telah
digunakan secara ritual (kebiasaan). Namun teori ini tetap tepat untuk
digunakan menilai hal-hal spesifik tertentu yang menyangkut pemilihan pribadi
saat menggunakan media.
KESIMPULAN
·
Uses and gratifications (kegunaan dan
kepuasan) adalah sekelompok orang atau orang itu sendiri dianggap aktif
menggunakan media sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan.
·
Uses and gratifications adalah salah
satu teori komunikasi dimana titik berat
penelitian dilakukan pada pemirsa atau khalayak sebagai penentu pemilihan pesn
dan media.
·
Teori Uses
and Gratifications dikemukakan
oleh Elihu Katz, Jay G. Blumbler, dan Michael Gurevitch (Griffin, 2003) yang menyatakan
bahwa pengguna media memainkan peran yang aktif dalam memilih dan menggunakan
media. Pengguna media menjadi bagian yang aktif dalam proses komunikasi yang
terjadi serta berorientasi pada tujuannya dalam media yang digunakan.
·
Kebutuhan khalayak yang berkaitan dengan
media yaitu meliputi kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kepribadian secara
integratif, kebutuhan sosial secara integratif dan kebutuhan pelepasan
ketegangan.
ijin copas ya
ReplyDeleteAda daftar pustaka yang dari buku gak
ReplyDelete