TEORI
KOMUNIKASI USES DAN GRATIFICATIONS
Uses and Gratifications adalah
sekelompok orang atau orang itu sendiri dianggap aktif dan dan selektif menggunakan media sebagai cara untuk
memenuhi kebutuhannya. Studi didalam didalam bidang ini memusatkan perhatian
pada penggunaan (uses) media untuk mendapatkan kepuasan kepuasan (Gratifications)atas
kebutuhan seseorang. Oleh karena itu, sebagian besar prilaku orang tersebut akan dijelaskan melalui berbagai kebutuhan
dan kepentingan individu.
Pendapat lain mengenai definisi Uses and Gratifications adalah Teori Penggunaan dan Pemenuhan
Kebutuhan yang dalam Bahasa Inggrisnya Uses
and Gratification Theory adalah
salah satu teori komunikasi (massa) dimana titik berat penelitian dilakukan
pada pemirsa atau khalayak sebagai penentu pemilihan pesan dan media.
Uses and Gratification Theory yang
merupakan salah satu dari teori komunikasi massa melihat audiens dari proses
komunikasi massa sebagai individu yang aktif, selektif dan memiliki tujuan
tertentu terkait dengan terpaan media kepadanya. Artinya individu atau audiens
(khalayak) sebagai makhluk sosial mempunyai sifat selektif dalam menerima pesan
yang ada dalam media massa.
Uses and Gratifications meneliti asal
mula kebutuhan manusia secara psikologis dan sosial, yang menimbulkan harapan tertentu dari media masa atau
sumber-sumber lain (atau keterlibatan pada kegiatan lain) dan menimbulkan
pemenuhan kebutuhan penelitian yang menggunakan Uses and Gratifications model memusatkan perhatian pada kegunaan isi
media untuk memperoleh gratifikasi atau pemenuhan kebutuhan. Mc quail (1995)
mengatakan ada dua hal utama yang mendorong munculnya pendekatan penggunaan
ini. Pertama, ada oposisi terhadap pandangan deterministis tentang efek media.
Sikap ini merupakan bagian dari “penemuan kembali manusia” yang terutama
terjadi pada sosiolog di amerika. Kedua, ada keinginan untuk lepas dari debat
yang berkepanjangan tentang selera media masa. Dalam persoalan ini pendekatan Uses and Gratifications modelmenyajikan
alternatif lain dalam memandang hubungan antara isi media dengan komunikan, dan
dalam pengkategorian isi media menurut fungsi.
1. PENGERTIAN USES AND GRATIFICATION
Uses and Gratification atau penggunaan
dan Pemenuhan (kepuasan) merupakan
pengembangan dari teori atau model jarum hipordemik. Model ini tidak tertarik
pada apa yang dilakukan oleh media pada diri seseorang, tetapi ia tertarik
dengan apa yang dilakukan orang terhadap media. Khalayak dianggap secara aktif
menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya.
Uses and Gtaifications menunjukan
bahwa yang menjadi permasalahan utama bukanlah bagaimana media mengubah sikap
dan perilaku khalayak, tetapi bagaiman media memenuhi kebutuhan pribadi dan
sosial khalayak. khalayak dianggap secara aktif dengan sengaja menggunakan
media untuk memenuhi kebutuhan dan mempuyai tujuan. Studi dalam bidang
memusatkan perhatian pada penggunaan (uses) isi media untuk mendapat
kepuasan (Gratications) atas pemenuhan kebutuhan seseorang dan dari situlah
timbul istilah Uses
Gtarifications. Sebagian
besar prilaku khalayak akan dijelaskan melalui berbagai kebutuhan dan
kepetingan individu. Dengan demikian, kebutuhan individu merupakan titik awal
kemunculan teori ini.
Uses and Gtaification pada awalnya
muncul ditahun 1940 samapai 1950
para pakar melakukan penelitian mengapa khalayak terlibat berbagai jenis
perilaku komunikasi. Lalu mengalami kemunculan kembali dan penguatan di tahun
1970an dan 1980an. Para teoritis pendukung Teori Uses and Gtaification berargumentasi bahwa kebutuhan
manusialah yang mempengaruhi bagaimana mereka menggunakan dan merespon saluran
media. Dengan demikian kebutuhan
individu merupakan titik awal kemunculan teori ini.
Teori use
and gratificaion ini adalah
kebalikan dari teori peluru atau jarum hipodemik. dalam teori peluru media itu
sangant aktif dalam all
powerfull berada audience.
sementara berada dipihak pasif. Sementara dalam teori aktif use and
gartification ditekankan bahwa
audience itu aktif untuk memillih mana media yang harus dipilih untuk memuaskan
kebutuhannya.
2.
Uses
and gratification Menurut Katz, dan Blumer
Pada
tahun 1974 teori ini dikemukakan lagi oleh Herbert Blumer dan elihu Katz, yang
dikenalkan dalam bukunya yang berjudul The
Use of Mass Comunication:Current Prespectives on gratificaton.Teori use and
gratification milk blumer dan Katz ini mengatakan bahwa penggunaan media
memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut. Dengan kata
lain penggunaan media tersebut adalah pihak yang aktif dalam proses komunikasi.
Artinya teori use and gratification mengasumsikan bahwa pengguna mempunyai
pilihan untuk memuaskan kebutuhannya.
No comments:
Post a Comment