Sunday, April 30, 2017

Tugas 03 Pertekom : Peran Audience Dalam Mempengaruhi Tayangan Televisi

PERAN  AUDIENCE DALAM MEMPENGARUHI TAYANGAN TELEVISI
Televisi merupakan salah satu media yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat sebagai media penyaji informasi, hiburan, bisnis, pendidikan termasuk mempengaruhi pola dan gaya hidup manusia (Suhandang, 2005: 89). Selain itu tidak hanya sekedar menyajikan saja, acara televisi juga membutuhkan audience yang banyak untuk menyaksikan acara yang mereka mereka sajikan, karena kesuksesan sebuah acara di televisi juga tergantung pada audiencenya, sebagai audience kita harus cermat dalam menentukan acara apa yang layak untuk ditonton agar apa yang kita lihat  dan kita dengar dapat memberi dampak positif, sebagai penentu kesuksesan suatu acara audience dapat mempengaruhi agar tayangan tersebut dapat belanjut ataupun juga terhenti, dengan cara membuat laporan ke KPI (Komisi Penyiaran Indonesia), mengganti tayangan yang lain, dan tidak membahasnya secara terus menerus di media sosial.
Membuat laporan ke KPI merupakan salah satu cara audience untuk mempengaruhi tayangan televisi karena dengan adanya laporan dari masyarakat mengenai suatu tayang yang kurang baik, terlebih lagi acara tersebut mengandung unsur-unsur pornografi, asusila, kekerasan, menghina ataupun menyebarkan informasi yang tidak benar, maka kita sebagai audience/penonton tayangan tersebut dapat melaporkannya ke KPI agar acara tersebut ditindak lanjuti supaya tidak melakukan kesalahan lagi dalam menayangkan suatu acara, seharusnya acara yang ditayangkan itu mendidik, memberi informasi, menghibur, dan mempengaruhi audiencenya dengan hal-hal yang baik, namun masih ada dibeberpa televisi menayangkan  acara yang tidak memberi edukasi, sepeti halnya acara YKS, Empat Mata, Dunia Lain dan beberapa acara lainya sehingga pihak dari KPI memberikan sanksi, baik berupa teguran ataupun pemberhentian sementara, karena KPI adalah penentu layak atau tidaknya sebuah acara.
Jika audience tidak menyukai salah satu tayangan televisi maka ia dapat mengganti ke chanel lain yang memberi informasi dan lebih mendidik, akan tetapi secara pribadi kita tidak dapat langsung mempengaruhi orang lain untuk tidak menonton acara tersebut, bisa jadi ia menganggap acaranya mendidik, akan tetapi bagi orang lain acara itu tidak mendidik. Maka dengan tidak menontonnya dan tidak mengikuti perkembangannya secara otomatis acara tersebut telah berkurang peminatnya, sehingga apabila kurang peminat acaranyapun tidak akan bertahan lama,  karena kesuksesan suatu acara itu dilihat dari ratingnya semakin tinggi rating suatu acara, maka semakin lama pula acara tersebut masih tetap  bertahan.
Trending topic adalah permasalah yang diperbincangkan oleh banyak orang  di media sosial, dimana semua orang mengikutinya dengan menggunakan hashtag yang telah ditentukan, biasanya ini dilakukan untuk mempromosikan suatu acara televisi dengan iming-iming hadiah, bila banyak orang yang mengikutinya maka ia akan menjadi trending topic sehingga ialah yang selalu diperbincangkan di media sosial, karena salah satu ciri dari kesuksesan sebuah tayangan televisi itu bisa dilihat dari media sosial, apakah ia menjadi trending topic apakah tidak, semakin ia menjadi pembahasan yang berkelanjutan maka acara tersebut akan terus populer dikalangan masyarakat, maka dari itu dengan tidak menjadikannya sebagai trending topic di media sosial maka acara tersebut tidak akan menjadi perbincangan yang terus berkelanjutan dikalangan masyarakat.
Maka dapat disimpulkan bahwa audience adalah penentu kesuksesan suatu acara, karena semakin banyak yang menyaksikan acara tersebut maka dapat dikatakan acara yang sukses, yang telah menarik minat dan perhatian banyak orang, meskipun acara tersebut kurang mendidik bagi penontonnya, karena jika tidak ada audience yang menontonnya acara tersebutpun tidak akan bertahan lama di industri pertelevisian, maka dari itu audience dapat dikatakan sebagai penentu kesuksesan suatu acara di televisi.

Kelompok 2 Ilmu Komunikasi :
Gita (2019015)
Novita Dwi Nanda Pratiwi (2018515)
Tommy Aprilian Rulia (2018615)
Santy Berlianty (2018815)


No comments:

Post a Comment

Organisasi Profesi Humas

A.     PERHUMAS Pada tanggal 15 Desember 1972 para praktisi humas di Indonesia mendirikan Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHU...